Raja Ampat yang Mempesona

Rating: 91 out of 100, by 91 users
diving di raja ampat - Papua : Raja Ampat yang Mempesona

Sejumlah turis tampak asyik bersantap dan mengobrol santai sambil memandang lepas ke arah laut yang didominasi warna biru, hijau, dan putih. Warna-warna itu muncul karena pengaruh dari hamparan terumbu karang di dasar laut yang dangkal maupun dalam. Mereka sedang menikmati makan siang di Papua Diving Resort, perairan f Irian Jaya Barat.

Teriknya matahari dan cerahnya udara justru membuat gemas para tamu untuk kembali menyelam dan menyelam. Cahaya matahari kerap menembus celah-celah gelombang laut sampai ke karang. Keelokan pemandangan dan biota lautnya memang membuat kesan mendalam bagi para wisatawan. Bagi pencinta wisata pesisir dan bawah air yang fanatik, Raja Ampat sangat dikenal bahkan dinilai terbaik di dunia untuk kualitas terumbu karangnya.

Banyak fotografer bawah laut internasional mengabadikan pesona laut Raja Ampat. Bahkan ada yang datang berulang kali dan membuat buku khusus tentang keindahan terumbu karang dan biota laut kawasan ini. Pertengahan 2006 lalu, tim khusus dari majalah petualangan ilmiah terkemuka dunia, National Geographic, membuat liputan di Raja Ampat yang akan menjadi laporan utama pada 2007.

Sebanyak 610 Pulau di Raja Ampat

Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua.

Wilayah ini sempat menjadi incaran para pemburu ikan karang dengan cara mengebom dan menebar racun sianida. Namun, masih banyak penduduk yang berupaya melindungi kawasan itu sehingga kekayaan lautnya bisa diselamatkan. Terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Luar biasa.

Bank Dunia bekerja sama dengan lembaga lingkungan global menetapkan Raja Ampat sebagai salah satu wilayah di Indonesia Timur yang mendapat bantuan Coral Reef Rehabilitation and Management Program (Coremap) II, sejak 2005. Di Raja Ampat, program ini mencakup 17 kampung dan melibatkan penduduk lokal. Nelayan juga dilatih membudidayakan ikan kerapu dan rumput laut.

Eksotisme Raja Ampat

Papua Diving, satu-satunya resor eksotis yang menawarkan wisata bawah laut di kawasan itu, didatangi turis-turis penggemar selam yang betah selama berhari-hari bahkan hingga sebulan penuh mengarungi lekuk-lekuk dasar laut. Mereka seakan tak ingin kembali ke negeri masing-masing karena sudah mendapatkan “pulau surga yang tak ada duanya di bumi ini”.

Pengelolanya tak gampang mempersiapkan tempat bagi wisatawan. Maximillian J Ammer, warga negara Belanda pemilik Papua Diving Resort yang juga pionir penggerak wisata laut kawasan ini, harus mati-matian menyiapkan berbagai fasilitas untuk menarik turis dari mancanegara. Sejak memulai usahanya delapan tahun lalu, banyak dana harus dikeluarkan. Namun, hasilnya juga memuaskan. Setiap tahun resor ini dikunjungi minimal 600 turis spesial yang menghabiskan waktu rata-rata dua pekan.

Penginapan sangat sederhana yang hanya berdinding serta beratap anyaman daun kelapa itu bertarif minimal 75 euro atau Rp 900.000 semalam. Jika ingin menyelam harus membayar 30 euro atau sekitar Rp 360.000 sekali menyelam pada satu lokasi tertentu. Kebanyakan wisatawan datang dari Eropa. Hanya beberapa wisatawan asal Indonesia yang menginap dan menyelam di sana.

“Turis menyelam hampir setiap hari karena lokasi penyelaman sangat luas dan beragam. Keindahan terumbu karangnya memang bervariasi sehingga banyak pilihan dan mengundang penasaran. Ada turis yang sudah berusia 80 tahun masih kuat menyelam,” tutur Max Ammer yang beristrikan perempuan Manado.

Tiga tahun lalu, Papua Diving membangun penginapan modern tak jauh dari lokasi pertama. Ternyata, penginapan yang dibangun dengan mengandalkan bahan bangunan lokal ini hampir selalu penuh dipesan. Padahal tarifnya mencapai 225 euro atau sekitar Rp 2,7 juta per malam. Di lokasi yang baru, dilengkapi peralatan modern, termasuk fasilitas telepon internasional dan internet.

Turis ke Raja Ampat hanya ingin ke Papua Diving di Pulau Mansuar karena fasilitas dan pelayannya sudah berstandar internasional, juga makanannya. Mereka mendarat di Bandara Domne Eduard Osok, Sorong, langsung menuju lokasi dengan kapal cepat berkapasitas sekitar 10 orang yang tarifnya Rp 3,2 juta sekali jalan. Perlu waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai Mansuar.

Seperti pulau lainnya, Mansuar tampak asri karena hutannya masih terjaga dan air lautnya pun bersih sehingga biota laut yang tidak jauh dari permukaan bisa terlihat jelas. Turis cukup berenang atau ber-snorkelling untuk melihat keindahan laut, sedangkan jika ingin mengamati langsung kecantikan biota laut di kedalaman, mereka harus menyelam.

Merasa Aman

Warga lokal dilibatkan dalam pembangunan dan pengelolaan resor, bahkan 90 dari 100 karyawannya adalah warga Papua. Penduduk juga memasok ikan, sayur-mayur, buah-buahan, dan lainnya. Salah satu paket wisatanya mengunjungi perkampungan untuk melihat tanaman dan hewan khas setempat, termasuk burung Cendrawasih. Banyak wisatawan yang menjadi donatur pembangunan gereja dan pendidikan anak-anak sekitar Man- suar.

Max Ammer mempunyai komitmen untuk meningkatkan ekonomi dan keterampilan warga setempat. Mereka ada yang dilatih berbahasa asing dan menggunakan peralatan selam. Wisatawan pun merasa aman di kala siang maupun malam saat menikmati terik dan tenggelamnya matahari maupun saat berenang dan menyelam di laut yang sangat dalam.

Selain kelautan dan perikanan, Raja Ampat memiliki kekayaan sumber daya alam, antara lain minyak bumi dan nikel. Di dasar lautnya juga banyak terdapat kapal-kapal karam bekas Perang Dunia II yang diperkirakan memuat “harta karun” bernilai tinggi. Namun, jika salah kelola, kegiatan eksploitasi semua itu dikhawatirkan mengancam kelestarian dan keindahan alam lautnya.

Sumber : Suara Pembaruan, Sumedi TP, 7 Januari 2007

raja ampat resort - Papua : Raja Ampat yang Mempesona
pulau pulau raja ampat - Papua : Raja Ampat yang Mempesona

Galeri foto dari posting tentang Raja Ampat yang Mempesona

Ada 8 gambar di dalam Raja Ampat yang Mempesona posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 gambar high-res.

diving di raja ampat - Papua : Raja Ampat yang Mempesonapantai di raja ampat - Papua : Raja Ampat yang Mempesonapulau pulau raja ampat - Papua : Raja Ampat yang Mempesonapulau raja ampat dari atas - Papua : Raja Ampat yang Mempesonaraja ampat resort - Papua : Raja Ampat yang Mempesonaraja ampat tour - Papua : Raja Ampat yang Mempesona

Apa pendapatmu tentang Raja Ampat yang Mempesona

148 Komentar to “Raja Ampat yang Mempesona”

  1. mudah2an..dream come true…mumpung berada di papua (Kuala kencana) dapat menyaksikan,merasakan,menikmati….pesona raja ampat yang eksotis membuat decak kagum yg menjumpainya. I hope so.

  2. i wish will be there soon…mdh2an kesampean jg ni kesana,,selagi msh tugas d papua…

  3. moga kesampaian honeymoon disana ^_^
    amiien

  4. ammazing

  5. kapan ya saya bisa kesana,,, the most wonderful place in the word.

  6. beuh.. Indah bgett,
    kpn ya bz ksna..!!

  7. m……………….tiada kata yang dapat terucap. mantabb………….but indonesia ini harus dikelola dengan bagus. moga ja one day bisa berkunjung kesana

  8. indah sekali, tks infonya.

  9. wih..wih.. keren banget ciptaan tuhan yang satu ini. mudah2an aja gw bisa nikmati langsung buakn cuma dari photo. amiin.

  10. iiiiihhhhhhhhh… Asik banGett..
    Ingin dehh Kesana..???

  11. alamak lokasi raja ampat keren banget.ngomong2 untuk kesana mahal yah?? duh mesti ngumpulin duit dulu nih. tapi aku kan ga bisa diving. bisa menikmatin keindahanya ga yah?

  12. Raja Ampat memang menakjubkan ya.., I love Indonesia.. 🙂

  13. someday iwill come to raja ampat….. i hope so

  14. Subhanallah…
    Bgus ?ªªª??³³?† ciptaaan sang khalik ?????????????…
    Raja ampat, tnggu ??????? ya…
    Insya ??????? ??????? akn mndtagi mu thun ????????????? jg…
    🙂

  15. Emang keindahan alam dan bawah laut raja empat tiada duanya…
    mari kita jaga kelestariannya..

  16. Subbahanallah….. sungguh indah ciptanMu ya
    Allah

  17. sy hanya baru menyaksikan lewat net kapan sy ke sana ya ingin sekali kiranya mengunjungi pulau yang seeksotik ini tunggu sy kawan

  18. keren abis…

  19. Luar biasa…semoga pariwisata Indonesia semakin maju kedepannya…

  20. Keren gan.. Dah lama pengen ksni tapi belum kesampaian. Semoga honeymoon nanti bisa kesini… Maju terus raja ampat sebagai destinasi pariwisata internasional.

  21. aku akan kesana bulan depan dan aku kerja disana selama satu tahun, comming soon !!!!!!

  22. luar biasa… i want to go there…

  23. enak donk erwin kerja di sana…bisa ke sana kali pingin… \(^o^)/…..

  24. Raja Ampat adalah surga kecil yang jatuh di Bumi

  25. hope I can visit Raja Ampat with my family, my friends and also everyone that I love. 🙂

  26. Mmg raja4 adalah surga d bumi

  27. memang indonesia terkenal akan keindahan alamnya.

  28. Airnya bening en bening banget. Pengin kesana tapi harus nabung dulu biar bisa berenang sama ikan-ikan

  29. emang bagus cuma saya harap pengawasan dan pemeliharaan,harus bener-bener baik supaya habitan dan pulawnya terjaga dngan baik….

  30. Alhamdulillah, akhirnya sy bisa menginjakan kaki di Raja Ampat, setahun setelah saya mendengar nama “Raja Ampat” dari tayangan acara disebuah stasiun televisi. Subhanallah, hanya itu yang bisa diucapkan, keindahannya sukar untuk diungkapkan dengan kata-kata. Saya berdo’a semoga Raja Ampat tetap terjaga kelestarian alamnya dan yang paling utama semoga putra daerah dapat menikmati kesejahteraan dari sumber Alam yang Indah ini, kalau mereka sejahtera saya yakin semua penduduk Papua tidak akan ada yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Semoga.

  31. Spot on with this write-up, I actually believe this website
    needs far more attention. I’ll probably be returning to read more, thanks for the info!

  32. aku tinggal di Bali, pantai Bali indah dan aku yakin pesona laut Raja Ampat luar biasa indahnya…. pengeeeen banget kesana

  33. meatinya pemerintah setempat bangun penginapan yang tdk terlalu jauh disanamkatakanlah di sebuah pulaunya,yang dekat dengan Mansuar,sehingga kami2 backpaker,yang kantong terbatas,punya hak jugasebagai anak bangsa untuk menikmati keindahan raja ampat,buat aja temen2 komunitas pengagum dan pecinta RAJA AMPAT,aku pasti ikutan…..

  34. Tak terlupakan keindahan alam yang mempesona menyentuh dengan alam yang bersahabat.

  35. keren bgt dah, my next destination…

  36. indah

  37. Salam bloger indonesia, numpang komen ya… Artikelnya bagus… makasih ya dah share… o iya yg mo tau Discount Pulau Seribu, Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, Jl. Lodan Timur 7, Marina Ancol, Jakarta Telp : 02168274005 / 08159977449.

  38. I do agree with all of the ideas you’ve offered on your post.
    They’re very convincing and can definitely
    work. Still, the posts are too brief for newbies.
    May you please lengthen them a bit from subsequent time?
    Thank you for the post.

  39. saya udah ke sana…baru minggu lalu..bener2 luar biasaaa indahnya…
    Raja Ampat the paradise.. Wonderful Indonesia !!

Tinggalkan Komentarmu soal Raja Ampat yang Mempesona Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Nambo, Kendari –
Pantai Nambo terletak di Sulawesi Tenggara, berada 12 km di sebelah selatan Kota Kendari. ...

Pantai Pangumbahan Ujung Gente
Pantai Pangumbahan adalah kawasan pantai di Ujung Genteng yang menjadi kawasan cagar alam ...

Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumb
Nusa tenggara Barat tidak hanya punya Gili Trawang dan Gili Nanggu. Provinsi ini ...

Pantai Nguyahan, Gunungkidul &
Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Fani, Raja Ampat – Papua
Pantai Namalatu, Pantai Santai, Pantai P
Pesona Baru Pantai Siung
Pantai Purnama, Gianyar – Bali
Pantai Balat, Sumbawa – NTB
Pantai Kuta di Pulau Lombok
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Rajegwesi, Banyuwangi – Jaw

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.