Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut

Rating: 91 out of 100, by 93 users
pantai cijayana garut - Jawa Barat : Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut

Pantai Cijayana merupakan salah satu pantai di daerah Pameungpeuk-Garut yang sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata pantai. Pantai yang tepatnya berada di Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut ini memiliki luas kawasan kurang lebih 9 ha dengan konfigurasi umum lahan yang datar serta kemiringan lahan landai dengan stabilitas tanah sedang dan daya serap tanah yang baik.

Pantai ini mempunyai jenis material tanah berupa pasir halus dengan warna alami yaitu putih kecoklatan. Pantai Cijayana merupakan pantai yang memiliki tepi pantai yang sangat luas. Dengan  lebar > 200 m dan panjang > 2000 m, serta pandan bidur sebagai flora dominan di tepi pantainya.

Stabilitas pantai ini baik karena tingkat abrasinya kecil, dan mempunyai kondisi perairan yang cukup baik, seperti warna air yang biru dengan bau air normal dan temperatur yang normal. Pantai Cijayana memiliki tinggi gelombang rata-rata 1 m, dan kekuatan tiupan angin yang sedang serta penyinaran matahari yang cukup, sehingga di pantai ini dapat dikembangkan aktivitas berjemur.

Kualitas lingkungan di pantai ini cukup dan tidak terdapat berbagai bentuk pencemaran, kebersihan dan kondisi bentang alamnya pun masih belum tereksploitasi. Hal tersebut disebabkan karena pantai Cijayana belum disentuh oleh berbagai macam fasilitas khususnya fasilitas wisata. Untuk menikmati pemandangan di pantai Cijayana ini, visabilitasnya sangat bebas dan mempunyai tingkat kebisingan yang rendah.

Sedangkan untuk infrastrukturnya secara keseluruhan infrastrur tersebut ditinjau dari lokasi pemukiman terdekat, yaitu berupa sumberdaya listrik yang berasal dari PLN (untuk kawasan pemukiman terdekat), sumber air berasal dari sumur ? sumur yang terletak di pemukiman penduduk yang memiliki kualitas air yang cukup baik dari segi kejernihan, rasa, dan bau airnya yang normal. Untuk menuju kawasan pantai Cijayana terdapat jalan raya dengan kelas; jalan kecamatan yang mempunyai lebar 3 m, terdapat jalan akses menuju lokasi pantai dengan lebar jalan 3 m dan panjang kurang 1 km dengan kualitas yang cukup.

Sedangkan untuk transportasinya terdapat kendaraan umum yang berupa ojek dengan biaya berkisar Rp. 2000-5000 / orang (dari kampung terdekat ke lokasi pantai). Fasilitas pendukung lainny yang ada di pemukiman terdekat yaitu berupa warung, yang terdapat di depan jalan masuk ke lokasi pantai. Disana anda dapat bersantai sambil memandangi pantai yang indah ini.  Tempat ibadah berupa musholla penduduk,fasilitas kesehatan berupa Puskesmas pembantu, dan fasilitas keamanan desa setempat yang menunjang keamanan menuju ke lokasi.

Pantai ini juga memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya. Danau kecil ini memberikan suguhan pemandangan yang nggak kalah dengan pantai Cijayana. Dan banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di pantai yang indah  ini ; menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai. Adapun pola kepemilikan lahan dari kawasan pantai Cijayana adalah tanah desa yang diperuntukkan guna pertanian, alokasi tempat pariwisata, dan sebagian besar masih berupa tanah kosong yang belum dikelola.

Bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan alam yang sunyi, sangat tepat untuk berkunjung ke pantai ini menikmati suasana yang masih asri, melihat deburan ombaknya yang sedang, serta mendengarkan dendangan burung-burung kecil yang beterbangan seakan menyambut siapapun yang datang kesini. Pantai Cijayana, karena belum tersentuh banyak tangan dan kaki manusia menjadikannya memiliki tingkat keeksotisan dan eksklusifitas tersendiri yang kurang bisa disamai oleh lokasi wisata lain khususnya di sekitar Garut.

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut

Ada 1 foto di dalam Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 1 foto high-res.

pantai cijayana garut - Jawa Barat : Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut
Diposting pada 26 September 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Jawa Barat.
Tag: sunyi, Informasi Pantai Cijayana, Info Cijayana, jawa barat, wisata alam, wisata garut, Gambar Cijayana .

Apa pendapatmu tentang Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Banda – Maluku
Objek Wisata Pulau Banda Maluku ini memang tidak akan pernah selesai bercerita tentang ...

Pulau Jemur, Riau
Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Rokan Hilir merupakan sebuah daerah yang ...

Pantai Krakal Gunung Kidung &#
Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul, ...

Pulau Seumadu, Lhokseumawe 
Terkenal sebagai tempat wisata pilihan di Kota Lhokseumawe. Hal ini dikarenakan indahnya pemandangan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bingin, Badung – Bali
Pantai Kasih, Sabang – Aceh
Pantai Pintu Kota, Ambon – Maluku
Pulau Bengkalis – Kepulauan Riau
Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat
Pulau Asei, Jayapura – Papua
Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua
Pulau Kakaban, Berau – Kalimantan Timu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.